7 April 2014

Pengertian dan Fungsi Speaker

Pengertian dan Fungsi Speaker - Speaker sering kita jumpai dimana-mana, pada kesempatan kali ini saya akan membahas pengertian dan fungsi daripada speaker untuk komputer. Baca juga artikel ini Definisi Hardware Komputer.

pengertian dan fungsi speaker
Gambar : Speaker

PENGERTIAN SPEAKER

Secara umum pengertian Speaker adalah perangkat elektronika yang terbuat dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akan mengeluarkan bunyi, demikian juga sebaliknya. Fungsi tiap bagian pada speaker saling terkait satu sama lain.

FUNGSI SPEAKER

Adapun fungsi Speaker secara keseluruhan adalah mengubah gelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang suara atau getaran. Proses pengubahan gelombang elektromagnet menjadi gelombang bunyi tersebut dapat terjadi karena aliran listrik dari penguat audio dialirkan kedalam kumparan dan terkena pengaruh gaya magnet pada speaker, sesuai dengan kuat lemahnya arus listrik yang diterima, maka getaran yang dihasilkan pada membran akan mengikuti dan jadilah gelombang bunyi yang dapat kita dengarkan.

JENIS-JENIS SPEAKER

Pada umumnya jenis Speaker ada tiga macam berdasarkan tinggi rendah bunyi yang dihasilkannya, seperti : 
  • Speaker dengan keluaran nada rendah biasa disebut woofer. 
  • Speaker yang menghasilkan bunyi vokal atau nada menengah disebut midrange. 
  • Speaker dengan bunyi keluaran nada tinggi disebut twitter. 
Speaker yang kita jumpai pada perangkat komputer pada umumnya sudah dilengkapi dengan audio sistem yang ada didalamnya. Sedangkan speaker pada pesawat radio, televisi, dan perangkat lainnya biasanya berupa speaker terpisah tanpa penguat audio.

Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Fungsi Speaker, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.