6 April 2014

Pengertian dan Fungsi Printer

Pengertian dan Fungsi Printer - Printer merupakan alat untuk mencetak hasil dari proses yang telah dilakukan oleh komputer, untuk lebih jelasnya kita simak artikel ini. Sebelumnya Anda bisa membaca artikel tentang Definisi Hardware Komputer.

pengertian dan fungsi printer
Gambar : Printer

PENGERTIAN PRINTER

Printer adalah peralatan output pada komputer yang digolongkan dalam peripheral komputer, yang berfungsi sebagai alat untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik berupa tulisan maupun gambar secara langsung dengan menggunakan media kertas. 

FUNGSI PRINTER

Fungsi Printer adalah untuk mencetak keluaran/hasil proses dari komputer. Printer juga sangat dibutuhkan dan biasanya kebanyakan penggunanya adalah orang kantoran yang sibuk dengan urusan ketik-mengetik untuk mencetak data-data kedalam bentuk hard copy. Tidak hanya itu, printer juga sering di gunakan di studio-studio photo.

JENIS-JENIS PRINTER

Printer sendiri memiliki beberapa jenis berdasarkan media pencetaknya. Berikut adalah jenis-jenis printer yang sering kita jumpai : 

1. Printer Inkjet 

Printer Inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair yang terdiri dari berbagai warna. Printer ini biasanya digunakan untuk mencetak dokumen dan gambar yang mepunyai banyak warna (Colour full). Beberapa merk printer jenis ini yang sering kita jumpai adalah: Cannon, Epson dan lain-lain.

2. Printer Laserjet 

Printer Laserjet merupakan printer yang menggunakan tinta serbuk sebagai tintanya sehingga printer ini hampir sama dengan mesin foto copy. Printer ini mempunyai kecepatan cetak yang lebih cepat dibandingkan printer yang lain. akan tetapi printer jenis ini hanya mampu mencetak satu warna saja.

3. Printer Dotmatrik 

Printer Dotmatrik adalah printer model lama yang masih sering dipakai pada saat ini. printer ini menggunakan tinta cetak kertas karbon sehingga kualitas cetakan dari printer ini tak sebagus printer jenis yang lain. Printer model ini masih sering kita jumpai di supermarket atau toko yang menggunakan printer ini untuk mencetak struk hasil pembelian. Kelebihan dari printer ini adalah lebih hemat kertas dan listrik sehingga sangat efisien untuk digunakan.

Demikianlah sedikit artikel tentang Pengertian dan Fungsi Printer, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.