17 April 2013

Pengertian dan Fungsi Casing

fungsi casing
Gambar : Casing Komputer
Pengertian dan Fungsi Casing - Casing merupakan bagian luar yang sangat penting untuk komponen-komponen komputer, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa pengertian daripada casing? berikut ini ulasannya.

Casing adalah kotak atau rumah yang berisi komponen-komponen mainboard dan peripheral lainnya. Wadah ini digunakan sebagai tempat melindungi mainboard dan perangkat keras lainnya dari benturan-benturan yang bisa mengakibatkan kerusakan langsung, dengan casing komponen komputer kita akan terlindungi baik hal kecil maupun besar. Adapun fungsi casing adalah sebagai berikut :
  1. Melindungi berbagai komponen didalamnya dari debu, panas matahari, air dan kotoran lainnya pada saat bekerja.
  2. Hampir semua peripheral menggunakan casing sebagai tempat dudukannya.
  3. Exhaus Fan yang berfungsi sebagai pendingin ruanganpun,menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu didalam CPU.
  4. Casing PC yang juga amat penting ialah sebagai tempat dudukan tombol-tombol atau lampu-lampu. Contohnya Tombol Power pada CPU.
  5. Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai kediaman (rumah mainboard) power supply yang memberikan tugas buat semua komponen. 

JENIS-JENIS CASING KOMPUTER

Perlu di ketahui bahwa casing komputer memiliki berbagai jenis, bukan hanya komponen yang lain saja, jenis wadahnya pun sangat bervariatif. Mari kita simak jenis-jenis casing di bawah ini.

1. Casing Desktop

Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm.Secara umum casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan pada ketika ini sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk hard disk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lampu

2. Casing Tower

Casing komputer terkini di tahun 2012 menggunakan casing tower, ia mempunyai ruang di dalam casing komputer lebih luas serta suhu dalam casing komputer tidak terlalu cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya. Casing komputer jenis tower terdiri dari:
  • Mini TowerCasing mini tower, middle tower, dan tower pada dasarnya hampir sama.Perbedaan di antara kedua-dua jenis tersebut adalah dari segi ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya lebih kecil dibanding casing komputer midlle tower
  • Middle TowerCasing mid tower adalah jenis casing komputer yg paling banyak dipakai di pasar rakitan indonesia.dipasaran casing ini juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo,lampu hard disk dan kabel-kabel lampu, tapi untuk fan mungkin optional, tergantung jenis segment casing komputer yang dipilih.
Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Fungsi Casing, semoga dapat bermanfaat bagi sobat semuanya. Terima Kasih atas kunjungannya. Info terbaru tentang android dan membuat website baca : Majalah Android dan Cara Membuat Website Gratis

2 comments:

  1. Many individuals invest their whole day on acquiring sort and increasing their facebook follower complying with yet they cannot improve the listing of individuals without extra help. buy real usa facebook likes

    ReplyDelete
  2. No longer waiting to become famed at this time. Buy Facebook Followers as a strategy to obtain popularity and authority on the internet in a shorter time period. facebook followers

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.