10 April 2014

Pengertian dan Fungsi Sound Card

Pengertian dan Fungsi Sound Card - Mungkin Anda akan bertanya-tanya apakah sebenarnya yang dimaksud dengan sound card? dan apa kegunaannya? Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelaskan secara rinci tentang Sound Card atau biasa di sebut kartu suara, dimulai dari pengertian, fungsi dan jenis-jenis sound card. Baca artikel berikut ini Definisi Hardware Komputer.


pengertian dan fungsi sound card
Gambar : Sound Card

PENGERTIAN SOUND CARD

Sound Card adalah perangkat keras komputer pengolah data berupa audio atau suara. Sound Card dibedakan menjadi dua jenis berdarsarkan fisiknya. Sound card memiliki format tata suara yang mendukung system keluaran suara, misalnya sound card yang memiliki 4 chanel harus menggunakan speaker aktif dengan 4 speaker dan 1 subwover untuk mendapatkan hasil yang optimal.

FUNGSI SOUND CARD

Sound Card berfungsi untuk mengeluarkan suara dari proses komputer. Perkembangan daripada sound card sendiri telah merambah di dunia ini. Contoh merk sound card yaitu Creative dan Rocketfish. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi menjadi 3 bagian :
  1. Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  2. Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
  3. Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
CARA KERJA KARTU SUARA (SOUND CARD)
  • Ketika anda mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
  • Ketika anda merekam suara lewat microphone. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3
JENIS-JENIS KARTU SUARA (SOUND CARD)
 
1. Sound Card On Board merupakan fasilitas audio yang sudah terpasang pada motherboard berbentuk chipset dan kinerja sound card on board masih membutuhkan bantuan prosesor utama. Sound card on board dapat ditemui pada hamper semua jenis motherboard. Jika kita hanya membutuhkan sound card untuk musik, sound card tipe ini merupakan pilihan yang baik.


pengertian sound card on board
Gambar : Sound Card Onboard

2. Sound Card PCI merupakan sound card yang dipasangkan pada slot PCI motherboard. Sound card tipe ini memiliki keunggulan pada kualitas yang dihasilkan. Jika hanya digunakan untuk keperluan standard, seperti mendengarkan musik, sound card tipe ini terlalu mahal. Namun jika kita menggunakannya untuk bermain game berat atau untuk kegiatan rekam suara, sound card tipe ini merupakan pilihan yang tepat.

pengertian sound card pci
Gambar : Sound Card PCI

3. Sound Card External merupakan kartu suara terbaru sekarang ini, pemasangannya seperti USB, banyak keungggulan dari sound card ini dari kualitas suara hingga hardwarenya lebih menarik. Sound card external sangat cocok untuk kegiatan rekam-merekam suara.


pengertian sound card external
Gambar : Sound Card External

Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Fungsi Sound Card, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.