1 March 2014

Cara Memperbaiki VGA Card Yang Rusak

Cara Memperbaiki VGA Card Yang Rusak/Mati Total - Jika anda mempunyai VGA Card yang sudah rusak atau sudah tidak bisa di pakai lagi, sebaiknya anda jangan terlalu terburu-buru untuk membuang VGA tersebut atau bahkan anda menggantinya dengan yang baru. 

Dengan tips kali ini, mungkin VGA Card anda dapat berfungsi kembali. Berikut Cara Memperbaiki VGA Card yang Rusak atau Mati Total.
 
Alat-alat yg dibutuhkan :
  • VGA Card yg rusak atau mati total
  • Obeng(untuk melepas HSF)
  • Air yg sudah dicampur dengan sabun (rinso, soklin, sunlight, dll)
  • Kuas kecil atau sikat gigi bekas
  • Hair drier atau kipas angin
  • Oven dan Alas panggang oven (alumunium foil)
  • Thermal pasta
Langkah-langkah Memperbaiki VGA Card yang Rusak atau Mati Total :
  1. Lepas VGA Card pada slot Motherboard, lepaskan kipas dan Heat Sink pada VGA Cardnya.
  2. Rendam vga kedalam air yg sudah di campur dgn sabun sambil dibersihkan menggunakan kuas/sikat gigi.
  3. Jika sudah bersih, keringkan VGA nya sampai benar2 kering dgn hair dryer/kipas angin.
  4. Panggang VGA tersebut dengan di beri alas alumunium foil dengan suhu berkisar antara 100-120c (usahakan jangan terlalu panas) selama 5-10 menit sudah cukup.
  5. Setelah selesai dipanggang, keluarkan VGA tersebut oven dan biarkan beberapa saat hingga panasnya hilang.
  6. Beri thermal pasta yg baru pada chipsnya, kemudian pasang kembali kipas dan Heat Sinknya pada VGA Card.
  7. Pasang kembali VGA Card pada Motherboardnya, nyalakan PC dan lihat hasilnya. Apakah VGA Card tersebut berfungsi seperti biasa kembal.
Catatan:
Untuk point nomor 4 tidak harus menggunakan oven, bisa juga dengan uap panas dari api atau dijemur di terik matahari kira 60 menit. Cara ini tidak hanya berlaku buat VGA saja buat perangkat yang lain juga bisa seperti RAM, Motherboard, dan lain-lain.
 
Demikianlah artikel tentang Cara Memperbaiki VGA Card Yang Rusak, semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

15 comments:

  1. sangat bermanfaat sekali tips nya mas :) nambah pengetahuan saya :)

    ReplyDelete
  2. tanya, sob,.. kalo vga yang membuat komputer hang itu kenapa yah,.? jadi ketika vga saya pasang, kemudian saya hidupkan PC saya, dan ketika mau loading windows, trus PC tiba-tiba hang,.. nah tau nggak apa masalahnya, terimakasih,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu overheat sob, kalo kita ingin mengganti dengan yang baru harus liat dulu spek hardware yang lain. Biasanya terjadi karena komponen-komponen yang lain tidak singkron dengan vga

      Delete
  3. vga sya mati nh gan aneh gk mw idup gitu, jd wkt sya bersihkan pkek sikat gigi kipas+vganya (vga+kipas saya copot jd masing2 terpisah) stelah selesai sya pasang lg keduanya sya satukan, dan stelah itu sya pasang ke cpu, dan sya test lg tp monitor akhirnya gk ngerespon/gk mw idup, nah itu apa karna vga sya akhirnya ada yg rusak karna dibersihkan sma sikat gigi?? karna saat sya coba pkek vga lain/vga dri motherboardnya langsung cpu sya nyala kq, cuman vga yg sya bersihkan itu akhirnya jd mati, nah itu gmn y bnerinnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw agan teknisi ya? hehe cz webnya mantep nh haha

      Delete
    2. wah sobat terlalu keras terhadap hardware komputer :D
      kalo mau bersihin jgn yang keras2 cukup pke kompressor kecil dan koas kecil.
      mungkin itu karena terlalu kuat menyikat, ada kerusakan komponen pada VGA nya gan..

      Delete
  4. izin bertanya gan, punya ane pke VGA card jenis Geforce 5500 kpasitas 256MB, masalahnya, saat booting tidak bisa masuk ke start windows dan bisanya bisa, sudah ane bersihkan debuyang menempel dan sudah di bersihkan pula bagian soket nya, apa itu disebabkan oleh over heat? padahal sudah ada cooler nya di VGA card.
    1 hal lagi, untuk pencucian hardware elektronik setau ane itu membersikanya menggunakan semacam asseton, klo menggunakan air itu bis short, idealnya untuk memegang pcb elektronik harus mengganakan semcam sarung tangan karet, tp klo tidak ada ya minimal listrik statis pada tubuh harus di ground kan, setau ane sih gitu,
    klo ada slah mohon koreksi ya


    haturnuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kuningannya di gosok sob, seperti menggosok kuningan RAM..
      kalo pertamanya bisa booting, mungkin dari situ permasalahannya

      memang iya untuk masalah cuci mencuci barang elektronik seperti itu, tapi kalau kita hati2 dalam membersihkan dan merawat hardware insya alloh hardware komputer/laptop kita awet :)

      Delete
  5. punyaku mati total juga masbro.. aku dah coba cara di atas.. tapi gk bisa... ente bisa benerin gak masbro.. ane bayar dah klo sukses.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin jalur-jalur dari VGA nya memang sudah rusak berat, itu harus di ganti. Atau sobat bisa tanya ke tukang service elektronik mengenai jalur2 elektronik.

      atau bisa download e-book lengkap teknisi komputer disini :
      http://www.qbonk.com/?reg=ariefteknisi

      Delete

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.