29 April 2014

Tips Merawat Power Supply Agar Awet

cara merawat power supplyTips Merawat Power Supply Agar AwetMerawat Power Supply harus dilakukan dengan baik agar hardware tersebut bisa tetap awet dan berfungsi sebagaimana mestinya. Namun, sebelum kita berangkat pada cara merawat power supply yang benar, kita pahami terlebih dahulu yang dimaksud dengan power supply dan piranti-pirantinya.

Power supply merupakan sebuah piranti elektronik yang berfungsi sebagai sumber daya untuk piranti lain yang berdaya listrik. Alat ini tidak menghasilkan energi listrik saja, ada juga pencatu daya yang secara khusus menghasilkan energi listrik yang dibutuhkan untuk keperluan tertentu dan menghasilkan energi mekanik dan energi lainnya.

Berikut ini adalah tips untuk merawat power supply komputer agar senantiasa awet selalu. Disimak baik-baik tips ini :
  1. Bersihkan power supply dari berbagai macam kotoran dan debu yang melekat di dalamnya. Debu-debu yang menempel akan menghalangi sirkulasi udara pada power supply sehingga bisa merusak alat tersebut.
  2. Bukalah kotak power supply saat hendak dibersihkan agar semua kotoran dan debu tidak bersisa. Lakukan cara perawatan yang benar pada power supply ini pada saat piranti elektronik sudah tidak pada masa garansi. Jika masih dalam garansi, gunakan air compressor saja untuk membersihkan.
  3. Gunakan bilah pensil untuk mencegah daun fan berputar saat peniupan berlangsung.
  4. Gunakan masker hidung dan mulut agar debu dan kotoran tidak menginfeksi mata.
  5. Jika debu dan kotoran tidak bisa dibersihkan dengan air compressor, gunakan cotton buds yang sudah diolesi cairan pembersih. Lakukan proses ini dengan hati-hati.
  6. Bersihkan permukaan logam kotak power supply dengan menggunakan lap yang sudah diberikan cairan pembersih.
Demikianlah artikel tentang Tips Merawat Power Supply Agar Awet, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.