7 February 2014

Pengertian dan Fungsi Touchpad

Pengertian dan Fungsi Touchpad - Touchpad merupakan pengganti daripada mouse komputer, biasanya hardware ini banyak di temukan di laptop atau notebook. Karena laptop di buat untuk menggantikan sebuah pc, laptop biasa di sebut dengan pc portabel. Pada kesempatan ini saya akan membahas apa itu touchpad dan fungsi dari touchpad. Baca juga artikel Definisi Hardware Komputer sebelum Anda membaca artikel ini.

pengertian dan fungsi touchpad
Gambar : Touchpad

PENGERTIAN TOUCHPAD

Touchpad juga biasa disebut TrackPad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil.

Touchpad mempunyai ukuran yang bervariasi tetapi jarang dibuat lebih dari 40 cm² (6,3 x 6,3 cm atau sekitar 6 inci²). Touchpad juga dapat ditemukan pada Personal Digital Assistant (PDA) dan beberapa media player portabel, seperti iPod menggunakan click wheel.

Tujuan diciptakannya touchpad adalah menyimpelkan pemakaian mouse, yang dulunya pemakaian mouse memerlukan tempatyang cukup luas, serta diperlukan alas yang rata. Dengan adanya touchpad, user masih dapat menggunakan komputer (notebook/netbook) dimana saja walaupun di tempat yang sempit pula. Seperti halnya dengan mouse yang mempunyai tombol kiri dan kanan, toucpad pun punya tombol kiri dan kanan pada bagian bawahnya, tetapi doubel klik bisa dilakukan pada landasan touchpad dengan cara mengetuknya dua kali. Mouse yang banyak beredar dipasaran pastinya terdapat sebuah scroll yaitu sebuah roda yang berfungsi menggulung halaman dilayar, ditouchpad pun ada fasilitas scroll tetapi tidak semua touchpad, tergantung pada pabrik pembuat.

Touchpad terutama digunakan dalam laptop dan tidak memerlukan permukaan datar di dekat mesin. Touchpad ini dekat dengan keyboard, dan hanya diperlukan gerakan jari yang sangat singkat untuk memindahkan kursor di monitor, sedangkan kekurangannya, kadang ibu jari pengguna memindahkan kursor mouse tanpa sengaja saat mengetik. Fungsi touchpad tersedia untuk komputer desktop di keyboard dengan built-in touchpad.

Touchpad satu dimensi adalah kontrol antarmuka utama untuk navigasi menu pada pemutar musik portable iPod Classic, di mana disebut sebagai click wheel karena hanya akan merasakan gerak sepanjang satu sumbu yang melilit seperti roda. Creative Labs juga menggunakan touchpad untuk garis Zen pada MP3 player, dimulai dengan Zen Touch. Microsoft Zune generasi kedua produk (80/120 Zune dan Zune 4 / 8) menggunakan sentuhan untuk Zune Pad.

FUNGSI TOUCHPAD

Berbicara tentang fungsi touchpad tidak terlepas dari sejarah kemunculan ide komputer portable yang dicetuskan oleh Alan Kay di Xerox PARC pada tahun 1970. Sejak saat itu, ide ini terus di kembangkan sehingga kemudian di temukan ide untuk menambahkan piranti pengganti mouse ke dalam komputer portable.

Ada dua cara pokok bagaimana touchpad bekerja :
  1. Dalam pendekatan matriks, serangkaian konduktor diatur dalam sebuah array dari garis paralel dalam dua lapisan, dipisahkan oleh isolator dan persimpangan satu sama lain pada sudut yang tepat untuk membentuk grid. Sinyal frekuensi tinggi diberikan secara berurutan antara pasangan dalam grid array dua dimensi. Arus yang lewat di antara node sebanding dengan kapasitansi. Ketika virtual ground, seperti jari ditempatkan di atas salah satu persimpangan antara lapisan konduktif beberapa bidang listrik dihubungkan singkat ke titik ground ini, mengakibatkan perubahan kapasitansi yang besar di titik itu. Metode ini menerima US Patent 5.305.017 diberikan kepada George Gerpheide pada bulan April 1994.
  2. Capacitive shunt method, dijelaskan dalam catatan aplikasi oleh Analog Devices, merasakan perubahan kapasitansi antara pemancar dan penerima yang ada di sisi berlawanan dari sensor. Pemancar menciptakan medan listrik yang berosilasi di 200-300 kHz. Jika titik ground, seperti jari ditempatkan antara pemancar dan penerima, beberapa garis medan didorong menjauh, mengurangi kapasitansi.
Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Fungsi Touchpad, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.