15 January 2014

Tips Merawat UPS (Uninteruptable Power Supply) Agar Lebih Awet

Tips Merawat UPS Agar Lebih Awet - Cara merawat UPS tidak boleh sembarangan agar komponen yang ada di dalamnya bisa bertahan lama, sehingga mampu menunjang kebutuhan daya komputer. Sesuai dengan namanya Uninteruptable Power Supply ditujukan untuk menghindarkan gangguan listrik yang padam secara tiba-tiba. Untuk komputer yang menggunakan UPS (Uninteruptable Power Supply) saat listrik padam masih dapat berfungsi selama beberapa menit, sehingga dapat di matikan secara normal agar tidak merusak hardware dan software komputernya.

Fungsi lain dari UPS juga bisa mem-back up listrik, ini bertujuan untuk menyimpan semua data dari komputer di memori perangkat UPS. Jadi komputer kita dapat terselamatkan dari kehilangan data akibat kurang stabilnya daya listrik. Berikut ini ada beberapa tips tentang cara merawat UPS yang benar agar tetap awet dan tahan lama :

  • Daya UPS >> Untuk cara merawat UPS yang pertama adalah berkaitan dengan beban daya yang ditanggung oleh sebuah UPS. Yang harus Anda perhatikan adalah kapasitas daya yang bisa dipenuhi oleh UPS yang biasanya tertera pada keterangan yang ditempelkan. Misalnya jika Anda mempunyai UPS dengan kapasitas daya 600 watt, maka beban yang Anda hubungkan dengan UPS seperti CPU, monitor, printer, dll harus tidak melebihi kapasitas maksimal tersebut.
  • Segera mematikan komputer >> Saat listrik padam, maka komputer yang dilengkapi UPS akan tetap menyala dengan cadangan daya yang tersimpan. Sebuah UPS rata-rata bisa memberikan daya selama 15 menit saja untuk seperangkat komputer.Namun sebaiknya Anda sesegera mungkin menyimpan pekerjaan dan mematikan komputer dengan cara normal yaitu melalui tombol shut down. Hal ini berkaitan dengan cara merawat UPS untuk menghindari daya yang ada di dalamnya benar-benar habis. Karena baterai UPS yang sering kosong akan menyebabkannya lebih cepat rusak.
  • Jeda waktu >> Berikan jeda waktu sekitar 1 menit saat mematikan dan kemudian menyalakan kembali UPS yang Anda pakai. Cara merawat UPS seperti ini akan menghindarkan terjadinya kerusakan komponen karena perpindahan arus listrik yang cepat.
  • Cabut stop kontak >> Saat sedang tidak digunakan sebaiknya cabut stop kontak untuk menghindari UPS terlalu panas.
  • Ganti baterai >> Cara merawat UPS yang terakhir adalah perhatikan jika saat terjadi listrik mati dan komputer Anda juga langsung mati, berarti baterai yang ada di dalam UPS telah rusak dan perlu diganti. Penggantian harus segera dilakukan karena baterai yang telah rusak bisa mengakibatkan arus listrik yang tidak stabil dan bisa mengganggu kinerja komputer.
Demikianlah sedikit artikel tentang Tips Merawat UPS Agar Lebih Awet, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.