14 January 2014

Tips Merawat Hardware Komputer

Tips Merawat Hardware Komputer - Kesehatan hardware komputer sangat penting untuk menentukan kinerja PC, oleh karena itu kita harus menjaga kondisi hardware tetap bersih atau terawat agar kinerja tetap optimal. 

Anda pasti sangat kesal apabila kinerja PC menjadi tidak maksimal, meskipun komputer anda terawat secara berkala di dalam operating systemnya. Tapi meskipun terawat dengan baik bisa juga komputer anda tidak bekerja maksimal karena terjadi beberapa masalah dalam komponen-komponen hardware komputer-nya. Nah, kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang cara merawat hardware komputer.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat komponen-komponen hardware komputer adalah sebagai berikut :
  • Pasang UPS atau stabilizer, lebih baik kalau Anda pasang keduanya. Untuk mencegah komputer terkena imbas listrik yang tidak stabil.
  • Perhatikan panas dan daya yang bekerja pada komputer Anda. Panas yang berlebihan merupakan faktor utama yang dapat memperpendek usia perangkat. Kalau komputer sering hang, periksa suhu komponen di BIOS. Anda juga bisa memantau panas dan daya listrik dengan aplikasi seperti Everest dan PC Analyzer.
  • Kurangi jumlah program yang jalan pada saat start-up agar memori tidak terlalu terbebani pada saat komputer dinyalakan.
  • Buang program-program yang tidak lagi berguna sehingga hard disk tidak terlalu padat. Lakukan defrag setiap dua bulan sekali untuk menjaga kestabilan hard disk Anda.
  • Overclock secukupnya. Kalau Anda merasa puas dengan kinerja komputer Anda saat ini, tak usah overclock pun tak apa. Memaksa perangkat diluar kemampuannya dapat memperpendek umur perangkat.
  • Gunakan Anti Virus yang selalu update.
  • Yang paling penting Anda harus membersihkan satu per satu hardware komputer dari debu.
Demikianlah Tips Merawat Hardware Komputer, semoga artikel kali ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.