9 July 2013

Tips Merawat Modem

Tips Merawat Modem - Modem sangat mudah dibawa kemana-mana baik modem CDMA maupun modem GSM. Modem ini membutuhkan perawatan juga agar bisa bertahan lebih lama dan awet dalam penggunaannya. Berikut ini adalah tips untuk merawat modem agar awet dan tahan lama.

1. Menyimpan di tempat yang aman

Simpanlah modem anda ditempat yang aman seperti di dalam kantong tas dan jangan disimpan bersamaan dengan benda-benda yang lebih berat sehingga dapat menindih modem itu sendiri. Bila sedang tidak membawa tas, sebaiknya modem disimpan di kantong baju atau kantong celana bagian depan. Jangan menyimpan modem di tempat yang terlalu panas, misalnya mengenai sinar matahari langsung. Hindari modem anda dari daerah bermagnet seperti speaker.

2. Selalu gunakan penutup port modem

Pada bagian port usb modem biasanya dilengkapi dengan penutup. Penutup itu jangan dianggap sepele ya, karena penutup tersebut melindungi port usb dari debu, jadi jangan lupa menutup selalu modem anda ketika sedang tidak digunakan. Selain menutup modem dapat menghindari debu, penutup modem juga melindungi modem dari benda cair seperti air dan lainnya.

3. Gunakan modem seperlunya

Pada sat penggunaan harus diperhatikan keperluannya, jangan sampai pemakaian melebihi kemampuan modem itu sendiri. Misalnya anda sebaiknya jangan terlalu lama bermain gameonline, karena permainan game-game online terlalu lama dapat merusak modem itu sendiri. Apabila sudah selesai menggunakan modem, segeralh disconnect dan reject modem kemudian cabut modem dari port usb komputer.

4. Jangan di share

Agar hemat biaya saya pernah melakukan share modem untuk digunakan bersama-sama dengan anggota keluarga lainnya. Dengan satu modem dapat digunakan bersama-sama, hitung-hitung beli modem murah namun bisa digunakan banyak orang. Berdasarkan pengalaman dalam menggunakan modem GSM, pernah melakukan sharing modem untuk digunakan lebih dari 1 unit komputer, membuat modem ini cepat rusak dan tidak tahan lama, sebaiknya penggunaan modem yang baik adalah satu modem hanya untuk satu unit komputer.

5. Pasang modem pada port usb yang aman

Setiap case komputer dirancang berbeda-beda, khususnya penempatan front usb port. Ada produsen case yang menempatkan port usb di bagian depan bawah, ada yang bagian depan samping kiri maupun kanan, ada juga yang menempatkan port usb di bagian depan atas casing. Pada saat memasang modem, pastikan bahwa di daerah sekitar modem tidak ada akitivitas yang dapat menyentuh modem sehingga dapat merusak modem itu sendiri. Salah satu solusi agar modem lebih aman, pasanglah port usb di bagian dalam casing (Lihat GAMBAR) agar tidak mudah bersinggungan dengan aktivitas kita.

Demikianlah artikel tentang Tips Merawat Modem, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam belajar ilmu komputer. Terima kasih atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.