13 July 2013

Tips Memilih Motherboard Komputer Berkualitas

Tips Memilih Motherboard Komputer Berkualitas - Sebelum menginjak ke tips memilih Motherboard yang tepat dan berkualitas, Sebuah PC akan memiliki spesifikasi yang sesuai dengan Motherboard yang digunakan. Perangkat-perangkat pendukung lain yang tentu akan meningkatkan performa PC seperti, Processor, RAM, Hard Drive, VGA Card, sampai Mouse, dan Keyboard semua akan terhubung pada Motherboard. Sehingga, tidak boleh sembarangan dalam memilih Motherboard. Berikut, beberapa tips memilih Motherboard untuk PC rakitan Anda:

Harga Terjangkau

Tips memilih Motherboard yang pertama adalah pilihlah Motherboard sesuai dana yang telah Anda sediakan. Sesuai harga Motherboard, terdapat tiga segmen pembagian, yaitu Values, merupakan tingkatan harga yang dapat dijangkau semua kalangan, tipe ini cocok jika PC digunakan untuk administrasi standar atau penggunaan sehari-hari. Kedua adalah Mainstream bagi kalangan menengah, biasanya digunakan pada PC yang dipakai untuk home-entertainment dan High End untuk kalangan kelas atas dengan pemakaian PC yang lebih kompleks.

Ukuran Casing

Memperhatikan ukuran chassis atau casing (CPU) merupakan tips memilih Motherboard yang kedua. Biasanya, Motherboard memiliki dua ukuran yang berbeda, ATX yang berukuran standar dan Micro-ATX yang berukuran lebih kecil. Micro-ATX sering kali digunakan untuk Motherboard Values.

Chipset yang Tepat

Penggunaan chipset yang tepat akan sangat mendukung spesifikasi Motherboard. Pilih chipset dengan teknologi terakhir, sehingga periferal dan devices terbaru dapat Anda nikmati. Tips memilih Motherboard ketiga ini menekankan bahwa, Motherboard yang terbaik tentu memiliki chipset yang terbaik pula.

Pastikan Motherboard mendukung Processor Intel

Tips memilih Motherboard yang selanjutnya adalah gunakan Motherboard yang mendukung Intel. Mengapa? Karena Intel merupakan perusahaan yang membuat semua standar PC. Sehingga, penggunaan Motherboard yang mendukung Intel akan membuat fitur–fitur Motherboard menjadi bekerja lebih baik.

Fasilitas Fitur Terintegrasi

Fitur terintegrasi pada Motherboard merupakan salah satu tips memilih Motherboard yang cukup penting, dengan adanya fitur ini Anda tidak perlu membeli periferal tambahan untuk menghubungkan VGA card, Audio System, LAN, USB, dll pada Motherboard.

Garansi

Tips memilih Motherboard yang keenam adalah carilah merk Motherboard yang memiliki garansi riil dan dapat dipercaya. Karena apabila suatu saat PC Anda mengalami gangguan, tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dalam memperbaikinya. Biasanya garansi yang terdapat pada Motherboard antara satu hingga tiga tahun. Selain membeli merk yang terpercaya, belilah Motherboard di dealer yang terpercaya.

Driver Pendukung

Penting bagi Anda untuk memperhatikan tips memilih Motherboard ini. Motherboard tidak akan dikenali oleh sistem apabila tidak dilengkapi Driver. Driver sendiri berguna untuk menghubungkan devices dengan Motherboard, seperti dengan VGA Card, Printer, dll.

Kompatibilitas Sistem

Gunakan Motherboard yang sesuai dengan sebuah sistem. Tips membilih Motherboard ini berguna agar penggunaan Motherboard pada sistem tersebut menjadi lebih maksimal. Untuk mengetahui kompatibilitasnya, baca buku manual yang tersedia, atau cek ke dealer yang menjualnya.

Referensi Produk Motherboard

Perdalam pengetahuan Anda mengenai produk - produk Motherboard yang ada. Anda dapat membacanya dari majalah - majalah komputer yang ada. Saat ini banyak pula informasi yang tersebar dan dapat di akses dengan mudah di internet. Mengikuti tips membilih Motherboard ini akan menghindarkan Anda dari resiko membeli Motherboard yang kurang tepat.

Kelengkapan Motherboard

Tips membilih Motherboard yang terakhir adalah memperhatikan kelengkapan Motherboard. Kelengkapan yang dimaksud adalah saat pembelian Motherboard minimal harus disertai buku panduan, CD Driver, kabel ATA/SATA/Floppy, dan Back-panel.

Demikianlah artikel tentang Tips Memilih Motherboard Komputer yang Berkualitas, semoga artikel diatas bisa membantu dan bermanfaat bagi anda untuk memilih motherboard komputer yang berkualitas. Terima kasih atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.