10 July 2013

Tips Memilih Jenis Mouse Terbaik dan Berkualitas

Tips Memilih Jenis Mouse Terbaik dan Berkualitas - Dibandingkan dengan berbagai komponen komputer yang lain, mouse merupakan salah satu perangkat yang paling simpel. Setiap mouse pasti akan memiliki sensor untuk menentukan lokasi, serta dua atau tiga tombol di atasnya. Hampir semua mouse standar pasti memiliki fitur-fitur tersebut.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini Anda akan menemukan berbagai macam jenis mouse komputer yang berbeda-beda. Mulai dari berbagai macam tombol tambahan hingga built-in memory, Anda akan menemukan semua itu di mouse ‘modern’ yang ada di pasaran. Apakah semua fitur tersebut akan berguna untuk Anda? Ataukah hal tersebut hanya akal-akalan produsen saja agar Anda membelinya? Simak ulasannya berikut ini.

Teknologi Sensor Mouse

Masih ingatkah Anda kepada mouse yang ada sekitar satu atau dua dekade yang lalu? Pada saat itu setiap mouse pasti memiliki sebuah bola di bawahnya yang akan berfungsi sebagai sensor gerakan. Terkadang bola tersebut terkotori oleh debu sehingga pergerakannya tidak lagi halus seperti semula.

Sekarang, mouse semacam itu sudah digantikan oleh mouse yang menggunakan sensor optik. Mouse semacam ini dilengkapi oleh sebuah sinar LED dan video sensor yang mengambil gambar dari permukaan yang disinari oleh cahaya LED tersebut. Prosesor kemudian menggunakan data gambar tersebut untuk mengkalkulasi seberapa jauh mouse tersebut bergerak. Mouse optik merupakan mouse yang paling banyak digunakan di masa sekarang ini karena memiliki banyak keuntungan dan harganya juga cukup murah.

Akan tetapi, mouse optik tersebut tidak bisa digunakan di permukaan yang tidak rata sehingga hanya cocok untuk digunakan di atas mouse pad. Untuk mengatasi hal tersebut, maka sekarang munculah mouse yang menggunakan teknologi laser. Teknologi laser ini memiliki teknik yang sama dengan optik, namun memiliki akurasi yang sangat tinggi. Selain itu, mouse laser juga memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi sehingga dapat digunakan pada berbagai macam permukaan. Bahkan, saat ini terdapat pula beberapa mouse yang dapat digunakan pada permukaan kaca.

Perhatikan DPI dari Sebuah Mouse

Jika Anda memiliki atau sering melihat mouse kelas atas di pertokoan, pasti Anda akan melihat mouse tersebut menmpilkan jumlah DPI maksimumnya. Sayangnya, jarang ada produsen mouse yang menjelaskan fungsi dari DPI tersebut. DPI merupakan singkatan dari dots per inch yang menunjukkan seberapa jauh kursor mouse dapat berpindah berdasarkan gerakan fisik pada mouse tersebut. Semakin besar DPI-nya, maka semakin sensitive pula kursornya. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena secara teoritis dapat memindahkan kursor mouse dengan cepat dan akurat. Istilah "dot” yang tercantum di sini sama seperti "pixel” yang ada pada singkatan PPI(pixel per inch).

Banyak kalangan yang menganggap jika ukuran DPI ini tidaklah penting. Pasalnya, mouse yang memiliki sensitifitas tinggi kadang sangat sulit untuk digunakan. Mungkin hanya para maniak game atau seseorang yang memiliki banyak layar high definition saja yang akan memutuhkan mouse dengan DPI tinggi ini. Oleh karena itu, jika Anda hanya menggunakannya untuk keperluan sehari-hari saja, maka Anda tidak disarankan untuk membeli mouse yang memiliki DPI tinggi.

Wireless vs. Wired

Terdapat dua jenis mouse yang ada di pasaran saat ini, yaitu wired dan wireless. Wired merupakan tipe mouse standar yang memiliki kabel, sementara wireless merupakan mouse yang tidak menggunakan kabel dan biasanya menggunakan Bluetooth sebagai perantaranya.

Walaupun tampak praktis dan mudah untuk digunakan, namun mouse wireless juga memiliki kekurangan yang akan mengganggu kenyamanan Anda. Salah satunya adalah masalah koneksi yang sering terputus dan kurang responsive. Selain itu, Anda juga tidak bisa terus menggunakannya karena sesekali harus mengisi ulang baterainya. Oleh karena itu, jika Anda hanya memiliki budget yang terbatas, maka mouse wired merupakan pilihan yang sangat tepat.

Terlalu Banyak Tombol!

Secara teknis, yang dibutuhkan dari sebuah mouse hanyalah tombol kiri dan tombol kanan. Namun sekarang banyak mouse yang memiliki berbagai macam tombol di atasnya, jika Anda hanya menggunakannya untuk keperluan sehari-hari, maka mouse dangan dua atau tiga tombol pun sudah lebih dari cukup. Namun jika Anda merupakan seorang gamer, maka tidak ada salahnya Anda untuk membeli mouse yang lebih canggih lagi.

Demikianlah artikel tentang Tips Memilih Jenis Mouse Terbaik dan Berkualitas, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.