23 April 2013

Pengertian dan Fungsi Mouse

Pengertian dan Fungsi Mouse - Mouse merupakan hardware yang tidak asing lagi di telinga kita, apalagi pada jaman sekarang mouse telah banyak berkembang di dunia. Artikel ini akan membahas pengertian dari mouse beserta fungsinya. Baca juga artikel tentang Definisi Hardware Komputer, agar Anda mengerti dan paham apa saja macam-macam hardware komputer.

pengertian dan fungsi mouse
Gambar : Mouse Komputer

PENGERTIAN MOUSE KOMPUTER

Mouse adalah salah satu perangkat keras komputer yang mirip dengan tikus, kegunaan daripada mouse yaitu untuk menggerakan kursor atau untuk memilih data yang ada di komputer kita. Hardware ini sangat penting sekali untuk komputer, karena kalau tidak ada mouse pointer/kursor yang ada di layar monitor tidak akan berjalan.

Dapat Anda sadari bahwa perkembangan mouse sekarang ini telah banyak di jumpai dimana-mana. Bentuk mouse sendiri beragam, ada yang seperti mobil-mobilan, berbentuk seperti flashdisk dan lain-lain. Ada juga mouse yang pengaturannya menggunakan bluetooth/wireless, karena mouse seperti itu lebih bagus daripada mouse PS2 atau mouse USB. Namun harga mouse bluetooth/wireless lebih mahal.

FUNGSI MOUSE KOMPUTER

Mouse seperti gambar diatas ini mempunyai sebuah fungsi utama yaitu menggerakkan kursor. Nah biasanya kursor ini bergambar sebuah anak panah. Seperti yang anda lihat di depan monitor komputer Anda. Mouse juga dapat berubah-ubah jika melewati form tertentu, contohnya menjadi garis hitam vertikal ketika Anda mengetik di MS word atau menulis postingan di blog. Selain itu juga memiliki fungsi lain yaitu memberi perintah klik dan klik kanan. 

Itulah pengertian dan fungsi mouse secara kasat mata, mengutip dari wikipedia pengertian mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain keyboard. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus. Dalam bahasa indonesia dinamakan dengan tikus, walaupun mungkin sebagian besar rakyat indonesia kecuali bintang tidak tahu ini.

Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse komputer yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). 

Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Fungsi Mouse Komputer, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih atas kunjungannya.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik, komentar yang mengandung sara, pornografi dan spam akan saya hapus dari blog ini.